Minggu, 24 April 2011

ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI KEPULAUAN INDONESIA

Pendapat Para Ahli Mengenai Kehidupan Awal
Keberadaan masyarakat awal di Kepulauan Indonesia diketahui dan didukung oleh beberapa teori dan pendapat yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh ahli. Teori yang mendukung dikenal dengan teori IMIGRASI.
Menurut Teori Imigrasi, terdapat beberapa petunjuk keberadaan masyarakat awal di Kepulauan Indonesia.
1. Prof. Dr. H. Kern
→Bangsa Indonesia berasal dari Asia. Teori ini didukung oleh perbandingan bahasa, karena bahasa yang dipakai di KepulauanIndonesia, Polinesia, Melanesia, Micronesia berawal dari satu akarbahasa yang bernama bahasa Austronesia.
2. Van Heine Geldern
→Bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia. Pendapat ini didukung oleh artefak-artefak (bentuk budaya) yang ditemukan di Indonesia memiliki banyak persamaan dengan yang ditemukan di daratan Asi.
3. Prof. Moh Yamin
→Bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri. Hal ini dibuktikan dengan penemuan fosil-fosil dan artefak tertua dengan jumlah terbanyak yang ditemukan di daerah Indonesia.
Pendapat Tokoh-tokoh tentang Asal-Usul Bangsa Indonesia
1. Max Muller→ asal dari bangsa Indonesia adalah daerah Asia Tenggara.
2. Prof. Dr. H. Kern→ Bangsa Indonesia berasal dari daerah Campa, Kochin Cina, Kamboja. Kern juga menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mempergunakan perahu-perahu bercadik menuju kepulauan Indonesia. Pendapat Kern didukung adanya persamaan nama dan bahasa.
3. Willem Smith
Willem Smith membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang digunakannya, yaitu bangsa yang berbahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman dan bangsa yang berbahasa Austria. Bahasa Austria dibagi 2 yaitu bangsa yang berbahasa Asia dan bahasa Austronesia. Bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia mendiami wilayah Indonesia, Melanesia, dan Polinesia.
4. Hogen
Bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol yang kemudian disebut bangsa Proto Melayudan Deutro Melayu. Bangsa Proto Melayu (Melayu Tua) menyebar di wilayah sekitar Indonesia tahun 3000 SM-1500 SM. Bangsa Deutroo Melayu (Melayu Muda) menyebar di wilayah Indonesia sekitar tahun 1500 SM-500 SM.
5. Drs. Moh.Ali
Bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan. Pendapat Moh Ali dipengaruhi pendapat Kern bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat. Mereka menyebar kea rah selatan sampai ke wilayah Indonesia.
Menurut Moh. Ali, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai-sungai besar di Asiadan kedatangannya di Indonesia secara bergelombang.
• Gelombang I (3000 SM-1500 SM)
• Gelombang II (1500 SM-500 SM)
Ciri-ciri gelombang I adalah kebudayaan Neolithikum dengan jenis perahu bercadik I. Gelombang II menggunakan perahu bercadik dua.
6. Prof. Dr. Kroom
Asal-usul bangsa Indonesia dari Cina Tengah yang terdapat sumber-sumber sungai besar. Mereka menyebar ke wilayah Indonesia sekitar tahun 2000 SM-1500 SM.
7. Mayundar
Bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia berasal dari India kemudian menyebar ke Indo-Cina terus ke daerah Indonesia dan Pasifik.
8. Prof. Moh. Yamin
Asal bangsa Indonesia dari daerah Indonesia sendiri. Pendapat ini didukung suatu pernyataan tentang Blood Und Breden Unchro yang artinya darah dan tanah bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Fosil dan artefak itu lebih banyak dan lebih lengkap ditemukan di wilayah Indonesia dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Asia. Misalnya dengan penemuan manusia purba sejenis Homo Soloensis dan Homo wajakensis.
9. Brandes
Brandes meneliti asal usul bangsa Indonesia dengan perbandingan bahasa. Bangsa yang bermukim di Kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa pada daerah-daerah yang membentang dari sebelah utara Pulau Formosa, sebelah barat daerah Madagaskar, sebelah selatan yaitu tanah Jawa, Bali, sebelah timur sampai ke tepi pantai barat Amerika (terdesak oleh alam). Berdasarkan penggunaan bahasa yang dipakai di berbagai kepulauan, Brandes berkesimpulan bahwa bangsa Indonesia berasal dari satu daerah dan menggunakan bahsa yang sama yaitu bahasa Campa dan agak ke utara yaitu daerah Lonkin.Tapi, sebelum bangsa Indonesia tiba di daerah Kepulauan Indonesia, sudah ditempati bangsa berkulit hitam dan berambut keriting. Bangsa tersebut hingga sekarang menempati daerah-daerah Indonesia timur dan daerah-daerah Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar